PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA MUHAMMADIYAH KARANGAMPEL

  • Widayati Widayati STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning, dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, serta mengetahui apakah penerapan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental desain. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes essai. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 orang di Kelas X SMA Muhammadiyah Karangampel. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis sampel jenuh yang melibatkan kelas eksperimen berjumlah 15 orang dan kelas kontrol berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya respon positif siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berdasarkan hasil uji Frekuensi yang mayoritas siswa menjawab setuju adanya manfaat model pembelajaran discovery learning. Berdasarkan hasil uji independen sampel test diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, dan hasil uji N-gain pretes post-tes eksperimen diperoleh hasil 0,65 sedangkan kontrol 0,46 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai regresi Sig. (X) adalah 0,001 <0,05, dengan nilai adjusted R Square yang diperoleh sebesar 0,554 (55,4%), artinya variabel model pembelajaran discovery learning dalam penelitian ini mempengaruhi variabel hasil belajar sebesar 55,4%, sedangkan sisanya 44,6% dijelaskan oleh variabel lain, dan diperoleh nilai thitung diperoleh 4,285 dan tabel 2,106 atau thitung ≥ tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan Penerapan Model Pembelajaran Discovey Learning Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Di SMA Muhammadiyah Karangampel.

Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

CROSSMARK
Published
2023-06-08
DIMENSIONS
How to Cite
Widayati, W. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS DI SMA MUHAMMADIYAH KARANGAMPEL. Maslahah : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 16-22. Retrieved from https://jurnal.padhaku.ac.id/index.php/maslahah/article/view/159