MENUMBUHKAN MINAT WIRAUSAHA MURID KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) ISLAMIC BOARDING SCHOOL (IBS) TATHMAINUL QULUUB KABUPATEN INDRAMAYU

  • Ahmad Afifuddin Pendidikan Ekonomi STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
  • Muhammad Janky Dawsat STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
  • Lutfi Rahmawati STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
  • Yuyud Susilo STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
  • Marfua Suebudin STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
Keywords: Kata Kunci: Kewirausahaan, Pendidikan Kewirausahaan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Islamic Boarding School (IBS), Tathmainul Qulub, Kabupaten Indramayu, Murid Kelas XI, Minat Berwirausaha

Abstract

Keterampilan wirausaha menjadi semakin penting di era globalisasi dan kemajuan teknologi yang pesat untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi dunia kerja yang kompetitif. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertanggung jawab secara strategis untuk menyiapkan siswa yang siap untuk bekerja atau menjadi pengusaha mandiri. Namun, masih ada banyak tantangan yang dihadapi dalam menumbuhkan minat wirausaha pada murid SMK. Salah satu tantangan utama adalah kurangnya kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya keterampilan wirausaha. SMK seringkali berfokus pada pembelajaran teori dan keterampilan teknis tertentu, tetapi tidak memberikan pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang kewirausahaan Penelitian ini ditulis oleh Giosy Satria Wibawa (2023). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Unit Produksi Sekolah (UPS) di SMK Negeri 1 Doko Kabupaten Blitar berhasil menumbuhkan minat berwirausaha di siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UPS telah memberikan kontribusi yang positif untuk menumbuhkan minat berwirausaha di siswa.Dalam hal menumbuhkan minat wirausaha pada murid, kualitatif merujuk pada pendekatan yang lebih berfokus pada pemahaman mendalam tentang pengalaman, persepsi, dan sikap individu terhadap wirausaha. Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk mendapatkan pemahaman holistik tentang komponen yang mempengaruhi minat wirausaha pada murid Pendekatan kualitatif membantu memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang persepsi, motivasi, dan pengalaman individu yang terkait dengan wirausaha. Pendekatan ini juga membantu dalam menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat wirausaha pada siswa, serta memahami konteks dan dinamika yang terlibat dalam proses tersebut. Penelitian Ini Dilakukan Di Smk Islamic Boarding School (Ibs) Tathmainul Quluub Kabupaten Indramayu, Yang Terletak Di Jawa Barat. Kepala Sekolah, Guru Kewirausahaan, Dan Siswa Smk Islamic Boarding School (Ibs) Tathmainul Quluub Kabupaten Indramayu Adalah Informan Penelitian Ini. Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi Digunakan Untuk Mengumpulkan Data. Sebagai hasil dari wawancara yang dilakukan dengan Tathmainul Quluub, Kepala Sekolah SMK IBS, dan orang tua siswa, beberapa hal penting dapat ditemukan untuk mendorong minat siswa kelas XI untuk menjadi wirausahawan Diharapkan minat siswa kelas XI SMK dalam kewirausahaan akan meningkat dengan penerapan pembelajaran kewirausahaan yang efektif, dukungan dari sekolah dan orang tua, dan penekanan pada karakter positif siswa. Ini akan memungkinkan generasi berikutnya untuk menjadi pengusaha yang sukses.

 

Kata Kunci: Kewirausahaan, Pendidikan Kewirausahaan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Islamic Boarding School (IBS), Tathmainul Qulub, Kabupaten Indramayu, Murid Kelas XI, Minat Berwirausaha

CROSSMARK
Published
2024-04-15
DIMENSIONS
How to Cite
Ahmad Afifuddin, Janky Dawsat, M., Rahmawati, L., Susilo, Y., & Suebudin, M. (2024). MENUMBUHKAN MINAT WIRAUSAHA MURID KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) ISLAMIC BOARDING SCHOOL (IBS) TATHMAINUL QULUUB KABUPATEN INDRAMAYU. Maslahah : Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 48-48. Retrieved from https://jurnal.padhaku.ac.id/index.php/maslahah/article/view/229