Peer Reviewers

  • ATURAN

Proses peer review dilakukan untuk memastikan bahwa artikel ilmiah terbaik yang dapat dipublikasikan di Jurnal Pendidikan Ekonomi (Mashlahah). Proses peer review dijadikan sebagai sebuah metode obyektif yang menentukan keunggulan sebuah artikel dalam publikasi ilmiah, sehingga proses ini diadopsi oleh semua jurnal ilmiah yang terkemuka. Dewan Editor kami memainkan peranan penting dalam mempertahankan standar kualitas dari artikel ilmiah yang dipublikasikan di Jurnal Jurnal Pendidikan Ekonomi (Maslahah), sehingga dengan kondisi tersebut maka seluruh naskah yang submit akan ditinjau dengan mengikuti prosedur yang diuraikan di bawah ini.

  • EVALUASI

Salah satu Tim Dewan Editor pertama-tama mengevaluasi semua naskah manuscript yang masuk ke dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi (Maslahah). Kondisi ini jarang terjadi, namun naskah manuscript yang kualitasnya baik dimungkinkan akan lolos dari tahapan ini. Naskah yang ditolah pada tahapan ini antara lain tingkat keasliannya yang kurang (lihat panduan plagiarisme nya), memiliki kelemahan ilmiah yang cukup serius, memiliki susunan tata bahasa yang kurang baik atau tidak baku, atau berada di luar tujuan dan ruang lingkup (Focus and Scope) Jurnal Teknobiz. Naskah manuscript yang memenuhi syarat akan lanjut ke tahapan selanjutnya untuk di review oleh Tim Review minimal satu orang. Naskah manuscript yang ditolak pada tahapan ini biasanya akan diinformasikan dalam waktu dua minggu setelah diterima.

  • TIPE PEER REVIEW

Jurnal Pendidikan Ekonomi (Maslahah) menggunakan sistem review dengan sistem ‘single blind’ dimana para reviewer dapat mengetahui nama si penulis naskah manuscript selama mengikuti proses revisi, selain itu identitas si penulis juga diketahui oleh mitra bestari. Namun, pihak penulis tidak dapat mengethui nama dan identitas si reviewer.

  • LAPORAN TIM REVIEWER

diminta untuk mengevaluasi naskah manuscript berupa:

  1. Tingkat keaslian dari pola pemikiran penulis (termasuk data yang disajikan di dalam naskah manuscript)
  2. Apakah metodologi penelitiannya sesuai dengan hasil data yang didapatkan, dan mudah untuk diikuti oleh penulis lain jika digunakan sebagai referensi
  3. Memiliki data hasil yang jelas dan mendukung kesimpulan yang diberikan
  4. Susunan daftar referensi penelitian sebelumnya (state of the art) yang digunakan oleh penulis naskah sebagai bahan referensinya
  5. Mengikuti pedoman penulisan yang tepat, termasuk dalam hal plagirismenya
  6. Memiliki tingkat kebaharuan yang baru (novelty) untuk mengembangkan keilmuannya sesuai dengan bidang yang dimaksud.

Koreksi tata bahasa bukan bagian dari proses peer review, tetapi tim review didorong untuk menyarankan koreksi tata dan gaya bahasa pada naskah manuscript. Pada tahapan akhir revisi, Dewan Editor memiliki tugas untuk memeriksa hal-hal mengenai tata dan gaya bahasa, serta dapat menyarankan atau menginformasikan proses koreksi kepada penulis naskah tersebut. Dalam kasus ini, naskah dapat dikembalikan ke penulis untuk proses revisi atau perbaikan jurnal.

  • WAKTU

Waktu yang diperlukan untuk proses review naskah manuscript tergantung dari respon Tim Review. Jurnal Pendidikan Ekonomi menggunakan rata-rata waktu proses review putaran pertama pada Tim Review selama 4 (empat) minggu, dengan waktu maksimum selama 2 (dua) bulan. Jika hasil review dari tim reviewer yang ditunjuk bertentangan atau berbeda satu sama lain, maka Mitra kampus selanjutnya akan dicari. Dalam kasus ini, ketika mengalami kesulitan untuk mencari Tim Review lain, maka Dewan Editor dapat dijadikan sebagai Tim Review.

  • LAPORAN AKHIR

Keputusan akhir naskah manuscript untuk diterima atau ditolak akan dikirimkan ke penulis bersamaan dengan hasil rekomendasi review , termasuk (jika ada) komentar dari Dewan Editor