PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING DAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

  • Lutfi Rohmawati STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
Keywords: Metode discovery learning, metode problem solving, berpkir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi dengan mengunakan metode Discovery Learning dan metode  Problem Solving.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian eksperimen. Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri Patokbesi dengan subjek dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 yang menggunakan metode Discovery Learning  dan kelas XI IPS 2 yang menggunakan metode Problem Solving. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda, dan pengolahan data dilakukan dengan melakukan uji normalitas, homogenitas dan N-gain dengan uji-t untuk menguji hipotesis.

Hasil penelitian menunjuukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah proses pembelajaran, serta hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode Discovery Learning  lebih efektif dibandingkan metode Problem Solving  dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi.

CROSSMARK
Published
2020-12-05
DIMENSIONS
How to Cite
Lutfi Rohmawati. (2020). PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING DAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 6(2), 19-31. https://doi.org/10.37842/sinau.v6i2.13