PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA GENERASI DIGITAL BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG

  • Roy Kembar Habibi Universitas Lampung
  • Maman Surahman Universitas Lampung
  • Deviyanti Pangestu Universitas Lampung
Keywords: Penguatan Pendidikan Karakter, Era Digital, Perguruan Tinggi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan bagaimana deskripsi penguatan pendidikan karakter di lingkungan pendidikan tinggi, bagaimana penerapan pendidikan karakter di lingkungan pendidikan tinggi serta apa saja indikator kemajuan dan daya saing bangsa setelah penerapan pendidikan karakter di lingkungan pendidikan tinggi. Penguatan pendidikan karakter di era digital bagi mahasiswa universitas lampung. Melalui pendidikan Karakter yang diberikan oleh dosen diruanglingkup kampus, mahasiswa akan menjadi lebih memahami apa saja karakter yang perlu dimiliki oleh mahasiswa di lingkungan kampus. Melalui penguatan  pendidikan karakter apalagi di era digital diharapkan mahasiswa tidak lupa karakter yang baik yang perlu diimplementasikan pada ruang lingkup kampus. Metode penelitian ini menggunakan  metode library research. Pengumpulan data penelitian dengan metode library research dilakukan dengan memanfaatkan sumber dan bahan kepustakaan. Hasil Penelitian  tentang penguatan pendidikan karakter di era digital yaitu dengan perkembangan digital diharapkan mahasiswa tidak lupa untuk mengimplemantasikan niali-nilai karakter, mahasiswa mampu mengimbangi terkait perkambangan digital dan pendidikan karakter diruang lingkup Universitas. Dalam penerapannya, pendidikan karakter dapat dilakukan dengan model-model pendekatan pengembangan rasional, pendekatan pertimbangan, pendekatan klarifikasi nilai, pendekatan moral kognitif, pendekatan sikap afektif, serta pendekatan perilaku sosial. Lingkungan pendidikan tinggi dalam konteks pendidikan karakter mempunyai peran dan fungsi sangat penting karena posisi sentralnya dalam menyiapkan generasi muda.

References

BUKU

Budimansyah, Y. R, & Nandang Rusmana, 2010, Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

DeRoche, E.F & Williams, M.M. 1998, Educating Hearts and Minds : A Comprehensive Character Education Framework, Sage Publications, California.

Fadillah, M., & Mualifatu, L. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar ruz media.

Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuna Pustaka.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.

Koesoema, D.A. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Mohammad Aufin (2014). Sintesa Pendidikan Karakter dan Multikultural Bagi Lingkungan. Bandung: Prenadamedia.

Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia Communication.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, Dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

JURNAL

Bachtiar, Y., 2013. Resistensi Bangunan Karakter Manusia Indonesia di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar.

Baharuddin, B., 2019. Arah Pendidikan Masa Depan: Perlunya Reorientasi Posisi pendidik dan Peserta Didik. Visipena Journal, 9(2).

Barbour, M. K., & Reeves, T. C. (2009). The reality of virtual schools: A review of the literature. Computers and Education, 52(2), 402–416. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2008.09.009.

Fauzan, Ahmad. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dalam Proses Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sinau Vol . 9 No . 1 April 2023.

Gruszczynska, Anna, Guy Merchant, and Richard Pountney. 2013. “‘Digital Futures in Teacher Education’: Exploring Open Approaches towards Digital Literacy.” Electronic Journal of E-Learning.

Indra Rasyid Julianto, Yusro Edy Nugroho & Teguh Supriyanto. Studi Literatur: Teori Reader Response Sebagai Alternatif Metode Sastra. Jurnal Sinau Vol . 9 No . 1 April 2023.

Iryana, Wahyu., Sujati, Budi., & Sari Wahyuni, E. (2022). Gerakan Dakwah Muhammadiyah Di Cianjur 1970-2012. Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 8(2), 108-125. https://doi.org/10.37842/sinau.v8i2.107.

Karima, Maulana Kaulan, and Ramadhani. 2017. “Peran Pendidikan Dalam Mewujudkan Generasi Emas Indonesia Yang Bermartabat.” Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Kurniawan, Machful Indra. 2015. “Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan.

Karakter Anak Sekolah Dasar.” PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. doi: 10.21070/pedagogia.v4i1.71.

Lutfi Rohmawati. Pengaruh Metode Discovery Learning Dan Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. https://jurnal.padhaku.ac.id

/index.php/sinau/article/view/13/12.

Manalu, J.M.H. “Pendidikan Karakter terhadap Pembentukan Perilaku Mahasiswa (Studi Kasus Proses Pendidikan Karakter dalam HMJ Sosiolog Universitas Mulawarman Kal-Tim)”. eJournal Psikologi.Vol. 2, no.4, hlm. 26-38. 2014.

Pachler, N. (2013). Perspectives on and theories of learning with digital technologies. In M. Leask & N. Pachler (Ed.), Learing to Teach Using ICT in the Secondary School: A Companion to School Experience. Routledge.

Rasto & Endang Sedianingrum. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Menganalisis Pemberontakan Di/Tii Di Berbagai Daerah Dengan Penerapanmodel Pembelajaran Inquiry. Jurnal Sinau Vol . 9 NO . 1 APRIL 2023.

Sujati, Budi; Iryana, Wahyu. The Change In The Hagia Sophia Museum By Erdogan: Historical Perspective And Its Implications For Indonesian. Kodifikasia, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 325-338, dec. 2020. doi:https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v14i2.2223.

Sujati, B. (2021). HISTORIOGRAFI MANAQIB SYEKH ABDUL QADIR JAILANI & PERKEMBANGANNYA DI INDONESIA. Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 7(2), 40-57. https://doi.org/10.37842/sinau.v7i2.59

Susanti, R. “Penerapan Pendidikan Karakter di Kalangan Mahasiswa”. Jurnal Al-Ta’lim. Jilid 1, no.6, hlm. 480-487. 2013.

Ucu Sumiati. Upaya Meningkatkan Prestasi Siswa Dalam Membuat Aransemen musik Populer Melalui Media Pianika Pada Kelas IX di SMPN 2 Katapang Kab. Bandung. Jurnal Sinau Vol . 8 No . 2 Oktober 2022.

CROSSMARK
Published
2023-10-26
DIMENSIONS
How to Cite
Kembar Habibi, R., Surahman, M., & Pangestu, D. (2023). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA GENERASI DIGITAL BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG. Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 9(2), 275-296. https://doi.org/10.37842/sinau.v9i2.153