PENGARUH PENYESUAIAN DIRI, MOTIVASI BERPRESTASI DAN RESILIENSI AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 1 SINGAPARNA, KABUPATEN TASIKMALAYA

  • Ranti Aliyani Universitas Siliwangi
  • Rendra Gumilar Universitas Siliwangi Tasikmalaya
  • Edi Fitriana Afriza Universitas Siliwangi Tasikmalaya
Keywords: Prestasi, Penyesuaian Diri, Motivasi, Resiliensi.

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang terdapat di SMA Negeri 1 Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya yakni prestasi belajar peserta didik yang rendah. Hal tersebut ditunjukkan oleh banyaknya peserta didik yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditentukan pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyesuaian diri, motivasi berprestasi dan resiliensi akademik terhadap prestasi belajar peserta didik. Metode survey dengan desain eksplanatori digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan terdapat pengaruh signifikan antara penyesuaian diri, motivasi berprestasi dan resiliensi akademik terhadap prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran dan bahan kajian lebih lanjut dalam penelitian yang sejenis khususnya dalam bidang pendidikan serta memberikan keyakinan dan bukti empiris mengenai pengaruh penyesuaian diri, motivasi berprestasi, dan resiliensi akademik terhadap prestasi belajar peserta didik. Dikarenakan sampel penelitian ini terbatas, diharapkan peneliti selanjutnya dapat melakukan replikasi penelitian yang lebih mendalam lagi dengan memperluas lingkup maupun sampel penelitian atau mengambil contoh yang lebih representatif.

References

BUKU

Amir, M. A. A. (2017). Meningkatkan Motivasi Berprestasi Peserta Didik. Bandung: CV. Garuda Mas Sejahtera.

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Yogyakarta: CV. Pena Persada.

Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan (1st ed.). Yogyakarta: PT Bumi Aksara.

Hamdanah, & Surawan. (2022). Remaja Dan Dinamika; Tinjauan Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: In K-Media. K-Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sunarto, & Hartono, A. (2018). Perkembangan Peserta Didik (6th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Sutrisno. (2021). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Tipologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. Bandung: Ahlimedia Press.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Thobroni, M. (2015). Belajar & Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (1st ed., Vol. 4, Issue 1). Jakarta: Kencana.

JURNAL

Abdullah Yunus, & Gita Erwilya. (2021). Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Prestasi Akademik Mahasiswa. MAUIZOH: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, 5(1), 41–52.

Aida, Z. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Perpustakaan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Madrasah Aliyah Swasta Kota Pematangsiantar). 3(4), 149–165.

Alfaizin, H., & Hakim, Z. A. (2022). Resiliensi Akademik dan Prestasi Belajar Al-Qur ’ an Hadits pada Siswa yang Belajar Jarak Jauh. 5(2), 115–124.

Aulia, D., & Susanti, D. (2022). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Ecogen, 5(3), 378.

Boharudin, & Liana, D. (2018). Penyesuaian Diri Mahasiswa dalam Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa STAI Auliaurrasyidin T.A. 2016/2017. Jurnal Pendidikan & Konseling, 2(1), 1–17.

Bustam, Z., Gismin, S. S., & Radde, H. A. (2021). Sense of Humor, Self-Compassion, dan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Karakter, 1(1), 17–25.

Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A New Multidimensional Construct Measure. Frontiers in Psychology, 7(NOV), 1–11.

Fanani, Q., & Jainurakhma, J. (2020). Kemampuan Penyesuaian Diri Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal KomtekInfo, 7(4), 285–292.

Fang, G., Chan, P. W. K., & Kalogeropoulos, P. (2020). Social Support and Academic Achievement of Chinese Low-Income Children: A Mediation Effect of Academic Resilience. International Journal of Psychological Research, 13(1), 19–28.

Lubis, R. syafitri, Sari, R. F., & Cipta, H. (2017). Efektivitas Pembelajaran Model Grasha-Riechmann Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasi, January, 1–12.

Minawati, Sahabuddin, R., Ramli, A., & Najamuddin. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Berprestasi di Masa Pandemi terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Pangkep. Jurnal Mirai Management, 7(2), 185–194.

Muti’ah, R. (2015). Pengaruh Kemampuan Penyesuaian Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa. Sigma, 1(1), 25–33.

Oyoo, S., Mucheru Mwaura, P., & Kinai, T. (2018). Academic Resilience as a Predictor of Academic Burnout among Form Four Students in Homa-Bay County, Kenya. International Journal of Education and Research, 6(3), 187–200.

Rahayu, E. W., & Djabbar, M. E. A. (2019). Peran Resiliensi Terhadap Stres Akademik Siswa SMA. Naskah Prosiding Temilnas XI IPPI, September, 20–21.

Rasyid, H. Al, & Chusairi, A. (2021). Hubungan antara Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Universitas Airlangga. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental, 1(2), 1306–1312.

Rismawan, E. (2015). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 12(1), 114–132.

Sujati, Budi; Iryana, Wahyu. The Change In The Hagia Sophia Museum By Erdogan: Historical Perspective And Its Implications For Indonesian. Kodifikasia, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 325-338, dec. 2020. doi:https://doi.org/10.21154/ kodifikasia.

Suryadi, Triyono, Nur, A., & Dianto, M. (2020). Hubungan Penyesuaian Diri dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Neo Konseling, 2(1), 1–9.

Thorifah, S. B. A. A. B., & Darminto, E. (2020). Peran Konselor dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling Sri. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 11–18.

Zevender, P. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Siswa (Penelitian Eksperimen Quasi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Gegesik Kabupaten Cirebon). SINAU : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, 7(2), 71–79.

Zulfikar, Z. (2022). The Urgency of Students’Academic Resilience At School. MARAWA: Jurnal Masyarakat Religius dan Berwawasan, 1(1), 1–8.

PROSIDING

Dwiastuti, I., Hendriani, W., & Andriani, F. (2022). The Impact of Academic Resilience on Academic Performance in College Students During the Covid-19 Pandemic. KnE Social Sciences, 2021(ICoPsy 2021), 25–41.

WEBSITE

Kemdikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas. Kemdikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas.

CROSSMARK
Published
2023-10-26
DIMENSIONS
How to Cite
Aliyani, R., Gumilar, R., & Fitriana Afriza, E. (2023). PENGARUH PENYESUAIAN DIRI, MOTIVASI BERPRESTASI DAN RESILIENSI AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 1 SINGAPARNA, KABUPATEN TASIKMALAYA. Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 9(2), 207-227. https://doi.org/10.37842/sinau.v9i2.175