PERSPEKTIF PSIKOLOGI TERHADAP KONSTRUKSI IDENTITAS DAN PERBEDAAN INDIVIDU DALAM PEMBELAJARAN

  • Khoirun Nofik Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Ifada Retno Ekaningrum
Keywords: Psikologi, Konstruksi Identitas, Perbedaan Individu, Pembelajaran.

Abstract

Penelitian Kajian ini dilatarbelakagi oleh keterkaitan erat  konstruksi identitas dan perbedaan individu dalam pembelajaran sehingga perlu wawasan baru yang berguna untuk pengembangan praktik pembelajaran yang inklusif dan beragam salah satunya dengan memadukan perspektif psikologi. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk menganalisis konstruksi identitas individu dalam pembelajaran dan mengidentifikasi faktor-faktor psikologis yang memengaruhi perbedaan individu dalam konteks pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa konstruksi identitas individu dalam pembelajaran dipengaruhi oleh faktor-faktor psikologis dan interaksi dengan lingkungan pembelajaran, sementara perbedaan individu dapat mempengaruhi proses konstruksi identitas. Perspektif psikologi, seperti teori identitas Erikson, teori sosial kognitif, dan teori konstruktivisme, memberikan wawasan yang berharga dalam memahami konstruksi identitas dan perbedaan individu dalam pembelajaran. Implikasi praktis dari penelitian ini mencakup strategi pengelolaan perbedaan individu dalam pembelajaran, seperti diferensiasi pembelajaran dan penciptaan lingkungan inklusif, serta upaya peningkatan konstruksi identitas melalui dukungan dan penghargaan, kesempatan belajar yang menantang, dan kolaborasi dengan siswa dan orang tua.

References

BUKU

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Munandar, A. (2013). Nasionalisme Dan Identitas Komunitas Perbatasan: Studi Kasus Pada Komunitas Desa Sebunga-Sajingan Besar Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Depok: FISIP Universitas Indonesia.

JURNAL

Alamsyah, A. (2015). Eksistensi Dan Nilai-Nilai Kearifan Komunitas Samin Di Kudus Dan Pati. Humanika, 21(1), 63. https://doi.org/10.14710/humanika.21.1.63-74.

Huda, K., & Wibowo, A. M. (2018). Peran Perempuan Kapuk Dalam Perekonomian Suku Samin Tapelan. Palastren Jurnal Studi Gender, 11(1), 107–124. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/palastren.v11i1.2589.

Julianto, I. R., Edi Nugroho, Y., & Supriyanto, T. (2023). Studi Literatur: Teori Reader Response Sebagai Alternatif Metode Sastra. Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 9(1), 86-92. https://doi.org/10.37842/sinau.v9i1.118

Sujati, Budi; Iryana, Wahyu. The Change In The Hagia Sophia Museum By Erdogan: Historical Perspective And Its Implications For Indonesian. Kodifikasia, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 325-338, dec. 2020. doi:https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v14i2.2223

Sujati, B. (2021). HISTORIOGRAFI MANAQIB SYEKH ABDUL QADIR JAILANI & PERKEMBANGANNYA DI INDONESIA. Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 7(2), 40-57. https://doi.org/10.37842/sinau.v7i2.59

PROSIDING

Roeva, O. (2012). Real-World Applications of Genetic Algorithm. In International Conference on Chemical and Material Engineering (pp. 25–30). Semarang, Indonesia: Department of Chemical Engineering, Diponegoro University.

WEBSITE

Runesi, S. (2015). Identitas: Kultural, Transkultural, dan Multikultural. Retrieved August 5, 2017, from kompasiana.com website: https://www.kompasiana.com/sintusrunu/552873396ea8346e238b461f/identitas-kultural-transkultural-dan-multikultural.

CROSSMARK
Published
2023-10-26
DIMENSIONS
How to Cite
Nofik, K., & Retno Ekaningrum, I. (2023). PERSPEKTIF PSIKOLOGI TERHADAP KONSTRUKSI IDENTITAS DAN PERBEDAAN INDIVIDU DALAM PEMBELAJARAN . Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 9(2), 248-263. https://doi.org/10.37842/sinau.v9i2.176