ANALISIS PROSES MORFOLOGIS DAN MORFOFONEMIK KATA PADA TEKS BUKU TEMATIK SISWA KELAS 2 SD/MI TEMA 3 SUBTEMA 1 TUGASKU SEHARI-HARI

  • Farihiyah STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
  • Okhy Arief Wahyudin Institut Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
Keywords: Analisis, Proses Morfologis, Morfofonemik Kata.

Abstract

Morfologi adalah ilmu yang membahas masalah pada bentuk-bentuk dan pembentukan suatu kata. Penelitian ini untuk mengetahui proses morfologis dan morfofonemik kata pada teks buku tematik siswa kelas 2 SD/MI tema 3 subtema 1 “Tugasku Sehari-hari”. Penelitian ini lebih mengutamakan tentang penerapan ilmu morfologi khususnya asal usul sebuah kata dan bagaimana kata tersebut bisa terbentuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan sumber data teks buku tematik siswa kelas 2 SD/MI tema 3 subtema 1 “Tugasku Sehari-hari”.Teknik pengumpulan datanya yaitu,  teknik baca catat dan teknik dokumentasi. Adapun teknik Analisis Datanya dengan cara menentukan teks yang dipakai sebagai objek dan membaca teks serta mengarahkan fokus analisis, yaitu menganalisis kata yang terdapat dalam  buku tematik siswa kelas 2 SD/MI tema 3 subtema 1 “Tugasku Sehari-hari”, yang meliputi analisis afiksasi, pengulangan dan pemajemukan. Proses morfologis yang terdapat dalam teks “Tugasku Sehari-hari” adalah afiksasi dan pengulangan. Afiksasi yang ada meliputi prefik, sufiks, dan konfiks. Afiksasi terbanyak adalah prefik dengan menggunakan morfem : be(R)-, me(M)-,  me(N)-,, me(Ny)-, be-, dan se-(terdapat 49 prefiks), urutan yang kedua konfiks dengan menggunakan: me(N) -+-kan, me-+-i, se-+an, be(R)-+-kan, di-+-kan, pe(R)-+an, be(R)-+an, dan me(N)-+kan (terdapat 23 konfiks) dan terakhir sufiks dengan menggunakan: an, kan dan nya (terdapat 10 sufiks). Sedangkan pengulanganya yaitu pengulangan keseluruhan (terdiri delapan kata) dan pengulangan berimbuhan.

References

BUKU

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Siswa SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyana. 2007. Morfologi Bahasa Jawa (Bentuk dan Struktur Bahasa Jawa). Purworejo: Kanwa Publisher UniversitasPurworejo.

Moleong, Lexy J. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramlan, M. 2021. Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Siswantoro. 2016. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudaryanto. 1992. Metode Lingustik. Yogyakarta: GMUP Gajah Mada University Press..

Suparman, Tatang. 2018. Makalah Proses Morfologi dalam Bahasa Indonesia (Analisiss Karya Samsuri). Bandung: Universitas Padjajaran.

Verhaar, J.W.M. 2010. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: GMUP Gajah Mada University Press.

JURNAL

Api dalam Sekam: Keberagamaan Gen Z yang dirilis oleh lembaga Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2017).

Iryana, Wahyu., Sujati, Budi., & Sari Wahyuni, E. (2022). Gerakan Dakwah Muhammadiyah Di Cianjur 1970-2012. Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 8(2), 108-125. https://doi.org/10.37842/sinau.v8i2.107.

Jammaruddin, Ade. “Membangun Tasamuh Keberagamaan Dalam Perspektif AlQur’an”, Toleransi: Media Komunikasi Umat Beragama, Vol. 8, No. 2 (Juli – Desember 2016).

CROSSMARK
Published
2023-10-26
DIMENSIONS
How to Cite
Farihiyah, & Arief Wahyudin, O. (2023). ANALISIS PROSES MORFOLOGIS DAN MORFOFONEMIK KATA PADA TEKS BUKU TEMATIK SISWA KELAS 2 SD/MI TEMA 3 SUBTEMA 1 TUGASKU SEHARI-HARI. Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 9(2), 199-206. https://doi.org/10.37842/sinau.v9i2.184