PENGEMBANGAN PORTOFOLIO DIGITAL CIVICS CORNER BEBASIS APLIKASI ANDROID SEBAGAI RUANG PRODUK DIFERENSIASI SISWA KELAS VIII E SMPN 5 BANJAR

  • Dede Fuad Bunyamin Universitas Galuh Ciamis
  • Mulyana Nur Universitas Galuh Ciamis
  • Devi Sidrotul Muntaha Universitas Galuh Ciamis
  • Enas Universitas Galuh Ciamis
Keywords: Pengembangan, Portofolio Digital, Civics Corner.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan portofolio digital civics corner berbasis aplikasi Android sebagai ruang produk diferensiasi siswa kelas VIII E SMP Negeri 5 Banjar, (2) mengetahui kelayakan portofolio digital civics corner berbasis aplikasi Android sebagai ruang produk diferensiasi siswa kelas VIII E SMP Negeri 5 Banjar, (3) mengetahui pendapat siswa kelas VIII E SMPN 5 Banjar sebagai pengguna portofolio digital civics corner berbasis aplikasi Android. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R and D). Tahapan pengembangan penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan dari Timpuslitjaknov yaitu meliputi: (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil, (5) uji coba lapangan skala besar. Proses analisis kebutuhan yaitu dengan mengkaji kebutuhan media untuk pembuatan portopolio digital. Pengembangan produk awal merupakan proses pembuatan media portopolio digital yang didasarkan pada analisis kebutuhan. Uji validasi dilakukan oleh 3 orang ahli media dan 3 orang ahli materi untuk menilai produk awal serta merevisi produk awal sesuai saran para ahli. Uji lapangan skala kecil dilakukan oleh 16 siswa dan uji lapangan skala besar dilakukan oleh 32 siswa kelas VIII E SMP Negeri 5 Banjar. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan angket. Instrumen penelitiannya berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan angket. Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk portopolio digital civics corner berbasis aplikasi Android yang diuji kelayakan oleh ahli media, ahli materi dan siswa sebagai pengguna media tersebut. Keseluruhan hasil uji coba menunjukkan hasil yang baik yaitu memperoleh kategori sangat layak dengan gambaran: (1) pada uji ahli materi mendapatkan hasil sangat layak yaitu 3,53 atau 88,26%, (2) pada uji ahli media mendapatkan hasil sangat layak yaitu 3,51atau 87,75%, (3) uji skala kecil pada siswa memperoleh hasil sangat layak yaitu 3,56 atau 89%, (4) uji skala besar oleh siswa memperoleh hasil sangat layak yaitu 3,59 atau 89,75%. Berdasarkan hasil uji kelayakan media tersebut maka dapat simpulkan bahwa portopolio digital civics corner layak untuk digunakan sebagai ruang produk diferensiasi siswa Kelas VIII E SMPN 5 Banjar.

References

BUKU

Azhar, Arsyad. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Niken Ariani dan Dany Haryanto. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah: Pedoman. Bandung: Nuansa Cendekia.

Tommy, Andri. (2020). Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prosprektif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

JURNAL

Sujati, Budi; Iryana, Wahyu. The Change In The Hagia Sophia Museum By Erdogan: Historical Perspective And Its Implications For Indonesian. Kodifikasia, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 325-338, dec. 2020. doi:https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v14i2.2223.

Susilo, Yuyud. (2022). Manajemen Keuangan Sekolah Di Smk Yabujah Segeran Juntinyuat Indramayu Pada 2019. Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 8(2), 126-137. https://doi.org/10.37842/sinau.v8i2.106.

Ulinniam, Sarwo Edy, & Sumarta. (2023). Analisis Kebijakan Kurikulum Pendidikan Indonesia Dari Masa Ke Masa (Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional). Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 9(1), 127-148. https://doi.org/10.37842/sinau.v9i1.141.

INTERNET

Pers. https://ainamulyana.blogspot.com/2018/07/indikator-mutu-pendidikan-

indikator.html (Diakses pada 5 maret 2023 pukul 15:00WIB).

https://dewey.petra.ac.id/repository/jiunkpe/jiunkpe/s1/mkeu/2013/jiunkpe-is-s1-2013-37409011-26438-portofolio_optimal-chapter2.pdf (Diakses pada 5 maret 2023 pukul 16:20WIB).

https://radarsemarang.jawapos.com/untukmu- guruku/721400582/pembelajaran-berdiferensiasi-produk- memudahkan-pemahaman-peserta-didik. (Diakses pada 5 maret 2023 pukul 14:40WIB).

CROSSMARK
Published
2023-10-26
DIMENSIONS
How to Cite
Fuad Bunyamin, D., Nur, M., Sidrotul Muntaha, D., & Enas. (2023). PENGEMBANGAN PORTOFOLIO DIGITAL CIVICS CORNER BEBASIS APLIKASI ANDROID SEBAGAI RUANG PRODUK DIFERENSIASI SISWA KELAS VIII E SMPN 5 BANJAR. Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 9(2), 264-274. https://doi.org/10.37842/sinau.v9i2.185