EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERKIRIM SALAM TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAN (PKN) KELAS VI SDN SUMURWEDI KECAMATAN HAURGEULIS KABUPATEN INDRAMAYU
Abstract
Mata pelajaran PKn yang sebagian besar adalah teori hanya disampaikan melalui ceramah, sehingga siswa merasa bosan dan malas mendengarkan materi. Penggunaan model konvensional dalam pembelajaran PKn di sekolah dasar juga mengakibatkan menurunnya aktivitas belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1)Untuk mengetahui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal pada Siswa Kelas VI UPTD SDN Sumurwedi. 2) Untuk mengetahui hasil belajar PKn pada Siswa Kelas VI UPTD SDN Sumurwedi. 3) Untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal terhadap hasil belajar PKn pada Siswa Kelas VI UPTD SDN Sumurwedi. Hasil belajar merupakan perilaku yang diterima oleh manusia setelah mengalami kegiatan belajar, keberhasilan dalam belajar ditentukan dari tiga ranah yang dikuasai sebagai hasil belajar yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. Penelitian kuantitatif comperatif. Penelitian kuantitatif dinamakan juga penelitian tradisonal, karena metode ini sudah cukup lama digunakan sehingga mentradisi sebagai metode penelitian.
References
BUKU
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Aqib.
Arifin, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Standar Isi Pendidikan Kewarganegaraan SD/MI. Jakarta: Depdiknas.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media Yogyakarta
Indriana, Dina. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran.Jogjakarta: DIVA Press
Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan KomunikasiAntar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemmis & Taggart. 1993. Metode Penelitan. Jakarta: Depdikbud.
Montarcih, Lily. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Surabaya: Universitas Negeri Malang.
Muhibbin Syah. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.
Sudjana, Nana. 2008. Tuntunan Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nurhadi, Yasin, B dan Senduk, AG. 2004. Pembelajaran Kontekstual (CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Surabaya: Universitas Negeri Malang
Poerwadarminta, W. J. S. 1998. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Poerwadarminto. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Poerwati, E. dkk. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Sari, Kartika, E. 2013. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Aalat Peraga Sempoa. Palangka Raya: Skripsi UMP
Satini. 2014. Peningkatan Aktivitas Belajar Menggunakan Cooperative Laerning Tipe Bamboo Dancing. UNTAN Pontianak.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor–Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soli, Abimanyu. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Ditjen Dikti
Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Penilitian. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.
Sutrisno Hadi, 2000, Metodologi Researc, Yogyakarta: Andi Offset
Syaiful Sagala. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran . Bandung: Penerbit Alfabeta.
Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta : kencana.
JURNAL
Dewi Lestyorini, Ratna. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMK Melalui Pembelajaran Konflik Kognitif. Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 1(01), 81-99. Https://Doi.Org/10.37842/Sinau.V1i01.9.
Ma’mun, Syukron. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA NU Juntinyuat Indramayu Melalui Penerapan Metode Assure. Sinau : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 28-39. Https://Doi.Org/10.37842/Sinau.V7i1.57.
Sujati, Budi; Iryana, Wahyu. The Change In The Hagia Sophia Museum By Erdogan: Historical Perspective And Its Implications For Indonesian. Kodifikasia, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 325-338, dec. 2020. doi:https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v14i2.2223.
Copyright (c) 2023 Tommy Noviyanto, Indah Novita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.