EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING MAHASISWA SAAT PANDEMI COVID-19
Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Daring Mahasiswa saat Pandemi Covid-19
Abstract
Karena pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia, seluruh Mahasiswa di Indonesia diwajibkan untuk belajar di rumah secara daring. Maka dari itu STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu memanfaatkan media pembelajaran daring berupa Learning Management System (LMS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Learning Management System (LMS) sebagai media pembelajaran daring mahasiswa disaat pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan penelitian kualitatif yang berlandaskan pada paradigma post positivism, dengan teknik pengumpulan data wawancara terhadap mahasiswa melalui media sosial Whatapps. (WA). Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran daring menggunakan media pembelajaran Learning Management System (LMS) sudah efektif. Dimana pembelajaran daring melalui LMS mendapat tanggapan cukup baik dari mahasiswa. Pembelajaran daring melalui LMS lebih fleksibel dan mudah dalam penggunaannya. Dengan pembelajaran melalaui LMS menjadikan mahasiswa lebih mandiri dan mendorong mahasiswa untuk giat belajar. Terdapat pilihan menu yang dapat digunakan oleh dosen dalam LMS, dosen dapat menyisipkan video pembelajaran maupun dapat menyisipkan link dari youtube, sehingga dosen dapat lebih kreatif dalam mengembangkan pembelajaran yang menarik.
References
BUKU
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
JURNAL
Firman. (2020). Pembelajaran Online Ditengah Pandemic Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science, 2, 82. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Lambuan, Hartati, Mas’amah, M., & A. N. Letuna, M. (2019). Penggunaan Whatsapp sebagai Media Komunikasi Pacaran Jarak Jauh. Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 8. https://doi.org/10.35508/jikom.v8i2. 2066
Putrawangsa, S. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0 Kajian Dari Perspektif Pembelajaran Matematika. Jurnal Tatsqif, 16, 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.2 03
Sandiwarno. (2016). Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO, 8, 191. https://doi.org/10.22441/fifo.v8i2.1 314.
Sujati, Budi. Kurikulum Dan Pembelajaran Pada Sejarah Dan Kebudayaan Islam Di MTs Kifayatul Akhyar Kota Bandung. Jurnal Sinau; Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu. DOI: https://doi.org/10.37842/sinau.v5i2.49.
INTERNET
Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. 6, 97. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.97-102.2020.
Copyright (c) 2022 Lutfi Rohmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.