Author Guidelines

A. Panduan Umum

  1. Artikel yang dikirim ke Jurnal Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu adalah hasil karya asli pengarang dan bebas dari unsur plagiarisme;
  2. Artikel yang dikirim adalah artikel yang belum pernah diterima dan atau di presentasikan dalam suatu seminar dan belum pernah di publikasikan dalam suatu jurnal;
  3. Artikel yang dikirim adalah mengenai hasil penelitian, review dari hasil penelitian, metodologi atau pendekatan baru di bidang Ilmu Pendidikan dan Humaniora;
  4. Artikel yang dikirim harus mengikuti panduan umum, panduan struktur artikel dan panduan format penulisan. Ketidak patuhan dalam mengikuti panduan-panduan tersebut dapat mengakibatkan artikel anda tidak diterima untuk diproses lebih lanjut – proses review artikel – (dianggap tidak pernah mengirimkan artikel ke Sinau).
  5. Setiap artikel yang dikirimkan (upload) harus memuat 2 (dua) buah file dengan rincian sebagai berikut:  a. File “halaman judul” yang berisi: judul artikel, nama penulis (ditulis secara lengkap disertai dengan institusi penulis dan alamat email), abstrak dan kata kunci. File dibuat dalam format MS Word.  b. File “full artikel (manuscript)” yang berisi: full artikel (manuscript) yang memiliki judul, abstrak, judul artikel, nama penulis (ditulis secara lengkap disertai dengan institusi penulis dan alamat email), abstrak dan kata kunci. File dibuat dalam format MS Word .
  6. Seluruh naskah harus dikirimkan ke editor Jurnal Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora melalui online submission pada alamat: http://jurnal.stkippadhaku.ac.id/index.php/sinau/user/register/. Artikel tidak dikirim melalui alamat email.

B. Panduan Struktur Artikel

Artikel yang di Submit ke Jurnal Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu harus memenuhi struktur penulisan sebagai berikut: a) judul dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia; b) nama-nama penulis; c) institusi penulis; d) email; e) abstrak dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia; f) pendahuluan; g) tinjauan pustaka, kerangka pemikiran dan hipotesis; h) metodologi penelitian; i) hasil dan pembahasan; j) simpulan dan saran; k) daftar referensi (teori/kepustakaan/hasil penelitian sebelumnya yang dikutip tidak menjadi bagian terpisah, tetapi dimasukkan dalam bagian pendahuluan maupun hasil dan pembahasan.1. Abstrak, harus ringkas tetapi informatif. Ditulis dalam satu paragraf dengan jumlah kata maksimal 200 kata. Abstrak mengandung tujuan, hipotesis, metodologi penelitian, hasil penelitian. Tidak mengandung rujukan pustaka, rujukan pada tabel ataupun grafik. Abstrak disertai 3 hingga 5 kata kunci untuk keperluan pengindeksan. Naskah dalam Bahasa Indonesia harus disertai abstrak dalam Bahasa Inggris.
2. Pendahuluan, mengandung latar belakang, tujuan penelitian, dan pertanyaan penelitian.
3. Tinjauan pustaka, adalah peninjauan kembali pustaka-pustaka yang terkait (review of related literature) masalah judul penelitian. 4. Metodologi penelitian, adalah ringkasan mengenai materi dalam penelitian, meliputi subyek penelitian, alat yang digunakan, desain yang digunakan, teknik meliputi teknik pengumpulan data, sumber data, cara analisis data, uji korelasi dan sebagainya.
5. Hasil dan Pembahasan: a) Tidak dipisahkan mengingat terbatasnya jumlah halaman yang tersedia bagi penulis. b) Hasil penelitian dapat disajikan dengan dukungan tabel, grafik atau gambar sesuai kebutuhan untuk memperjelas penyajian hasil secara verbal.
c) Judul tabel dan grafik atau keterangan gambar disusun dalam bentuk frase (bukan kalimat) secara ringkas. d) Keterangan gambar/grafik diletakkan di bawah gambar/grafik tersebut, sedangkan judul tabel diletakkan di atasnya. Judul diawali dengan huruf kapital.
e) Materi pembahasan terutama mengupas apakah hasil yang didapat sesuai dengan hipotesis atau tidak, dan kemukakan argumentasinya. f) Pengutipan rujukan dalam pembahasan jangan terlalu panjang (bila perlu dihindari). g) Pergunakan rujukan yang up to date yaitu buku-buku 10 tahun terakhir dan jurnal 5 tahun terakhir. 6. Simpulan dan saran. Simpulan hendaknya merupakan jawab atas pertanyaan penelitian, sementara keterbatasan dan saran penelitian untuk penelitian selanjutnya. 7. Penulisan referensi. Penulisan daftar referensi dan sitasi menggunakan APA style. Untuk lebih memahami penggunaan APA style silakan mengacu ke http://www.bibme.org/apa.